Jangan Ambil Hak Pejalan Kaki !

image

Selama ini sering kita dengar tentang macetnya jalan ibukota, jalanan yang berlubang, sampai air yang menggenang di jalan raya. Tapi apakah kita pernah mendengar betapa sulitnya para pejalan kaki untuk melangkah? Apakah kita sering melihat pejalan kaki yang mengalah pada kendaraan yang melaju di jalur yang bukan jalurnya?.
Baru-baru ini ada sebuah pengakuan pejalan kaki yang tertabrak oleh pengguna motor yang menerobos masuk ke trotoar untuk menghindari kemacetan. Dan si pengendara justru memarahi si pejalan kaki, ironis mendengar pernyataan tersebut.
Hak pejalan kaki juga tak hanya dirampas oleh pengguna kendaraan bermotor saja, tapi para pedagang juga merampas hak pengguna jalan. Kita mungkin pernah merasakan ketika berjalan di trotoar dan ramai akan pejalan kaki, tenyata ada pedagang yang menjajahkan dagangannya di trotoar. Tanpa mempedulikan pengguna trotoar (pejalan kaki), mereka menawarkan dagangannya.
Mengejar waktu hingga mencari rezeki menjadi alasan mereka. Penerapan peraturan yang kurang tegas menjadi biang keladi permasalahan ini. Seandainya peraturan tersebut tegas dan dilaksanakan dengan baik, hal seperti pejalan kaki yang ditabrak kendaraan bermotor tersebut tak akan terjadi.
Kembali lagi pada kesadaran masyarakat dan diri sendiri.

Tinggalkan komentar